Menu

Mode Gelap

Daerah · 29 Mei 2023 19:27 WIB ·

500 Orang Lansia di Kecamatan Koto Salak Terima Bantuan dari Kemensos RI


 500 Orang Lansia di Kecamatan Koto Salak Terima Bantuan dari Kemensos RI Perbesar

TopOne.id –  Sebanyak 500 orang lanjut usia (lansia) di Kecamatan Koto Salak tepatnya di Nagari Koto Salak dan Nagari Padukuan, Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat mendapat bantuan dari Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) yang diperingati setiap 29 Mei. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Koto Salak dan Kantor Wali Nagari Padukuan, Senin 29 Mei 2023.

HLUN Tahun 2023 ini dipusatkan di Kabupaten Dharmasraya Prov. Sumatera Barat dengan mengusung tema “Lansia Terawat Indonesia Bermartabat”.

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana menerangkan bantuan tersebut diberikan atas hasil asesmen yang sebelumnya sudah dilakukan oleh tim Sentra Terpadu Kartini Temanggung didukung oleh para pendamping sosial setempat.

“Untuk Nagari Koto Salak sejumlah 286 paket, sedangkan dari Nagari Padukuan sejumlah 214 paket diberikan. Paket bantuan tersebut berupa Bantuan Sandang, Nutrisi dan Sembako,” terang Iyan.

Selain paket bantuan tersebut Kemensos juga memberikan bantuan Alat Bantu Dengar, Kursi Roda, tripod dan juga bantuan kewirausahaan serta bantuan isian Rumah Sejahtera Terpadu (RST) berupa paket kebutuhan peralatan rumah tangga dan renovasi rumah, tambah Iyan.

“Rangkaian kegiatan HLUN Ke-27 sudah dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya Pemeriksaan kesehatan dan pemberian terapi, Pembuatan Taman Lansia, Pelibatan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dalam pembuatan jembatan gantung dan Pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu bagi lansia,” sambung Iyan.

Kiswo Kastadi (72 tahun) penerima bantuan sembako mengaku sangat senang menerima bantuan tersebut, dia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemensos.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya, terima bu Mensos ungkap,” ungkap Kiswo.

Rangkaian kegiatan HLUN 2023 lainnya berupa pelibatan SDM PKH dalam pendampingan lansia di acara puncak HLUN, pelibatan pendamping sosial dalam asesmen lansia, pemberian bantuan program sembako bagi lansia, dan operasi katarak.

(Hms)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

HTC Fighter Kejar Prestasi di Open Tournament Bareh Solok 2023

23 November 2023 - 12:49 WIB

Athari Gauthi ArdSerahterima P3TGAI, Meningkatkan Tata Guna Air Irigasi untuk Petani Sumatera Barat

20 November 2023 - 10:12 WIB

PDM Kabupaten Bantul Selenggarakan Peneguhan Visi dan Komitmen Anggota Masa Jabatan 2022 – 2027

1 Juni 2023 - 16:27 WIB

Toko Oleh-oleh Haji di Majalengka Masih Minim dan Tidak Lengkap

29 Mei 2023 - 15:43 WIB

Saran Ridwan Kamil Soal Kasus Study Tour SMAN 21 Bandung: Jangan Pakai Pihak Ketiga

26 Mei 2023 - 12:46 WIB

Restoran Padang Panjang Hadir di Jakarta Berkolaborasi Dengan Hotel Bintang 5, Yuhelson: Alhamdulillah Mimpi Itu Terwujud

24 Mei 2023 - 12:04 WIB

Trending di Daerah