Menu

Mode Gelap

Health · 10 Apr 2023 11:10 WIB ·

Sejarah Hari Kanker Tulang Nasional, Pentingnya Mendeteksi Dini dan Cegah Penyebaran


 Sejarah Hari Kanker Tulang Nasional, Pentingnya Mendeteksi Dini dan Cegah Penyebaran
Perbesar

Sejarah Hari Kanker Tulang Nasional, Pentingnya Mendeteksi Dini dan Cegah Penyebaran

TopOne.id – Hari Kanker Tulang Nasional, diperingati setiap 11 April setiap tahunnya dan sudah disahkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Peringatan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dari penyakit beresiko ini.

Tak hanya itu, peringatan Hari Kanker Tulang Nasional ini terhitung mempunyai tujuan untuk kampanye mengajak masyarakat menahan dan juga melakukan pemeriksaan teratur untuk deteksi dini pada penyakit kanker tulang.

Kanker tulang umumnya menyerang anak-anak dan orang dewasa, perihal ini disebabkan ileh pembentukan sel-sel tulang yang tidak beraturan. Hal ini mampu berjalan pada anggota tulang manapun, tetapi umumnya berjalan pada tulang panjang lengan dan kaki.

Penyebab Kanker Tulang

Ada sebagian penyebab kanker tulang yang mampu menjalar ke tubuh, tidak benar satunya terdapatnya kelainan genetik, penyakit Paget yaitu penyakit yang menyebabkan keadaan tulang menjadi lemah, senyawa kimia dan paparan radiasi.

Gejala Kanker Tulang

Ada sebagian tanda dan gejala kanker tulang yang mampu dijadikan acuan sebagai pendeteksi dini. Berikut sebagian gejala kanker tulang:

– Nyeri pada tulang
– Pembengkakan pada tulang
– Berat badan menurun
– Rasa lelah yang berkepanjangan
– Tulang menjadi lemas

Jenis Kanker Tulang

Ada sebagian style kanker tulang yang harus diketahui:

1. Osteosarcoma

Osteosarcoma merupakan style kanker yang paling kerap terjadi. Jenis kanker ini kerap berjalan pada laki-laki daripada perempuan.

Hal itu disebabkan gara-gara pertumbuhan tulang pada laki-laki perlu sementara yang lebih lama daripada perempuan. Kanker style ini merupakan kanker tulang yang kerap menyerang anak-anak.

Selain itu, kanker ini mampu muncul ulang di umur lanjut yang mampu kambuh sewaktu-waktu.

2. Chondrosarcoma

Chondrosarcoma merupakan style kanker tulang yang paling kerap terjadi. Risiko kanker ini berjalan pada umur di atas 20 th. hingga 75 tahun.

Sel kanker ini lebih kerap berjalan pada perempuan dibanding pria dan kerap muncul pada anggota panggul, kaki, lengan, dan dada.

3. Sarkoma Ewing

Jenis kanker ini terbilang ganas gara-gara pertumbuhan kanker yang cepat dan kerap mengalami metastasis yang menyebabkan keadaan penderitanya jadi buruk. Kanker ini kerap berjalan di umur anak-anak dan remaja.

4. Fibrosarkoma

Fibrosarkoma merupakan kanker tulang yang tumbuh di anggota jaringan lunak pada tulang. Kanker ini umumnya menyerang orang tua dan lansia dan kerap berjalan di anggota kaki, lengan, dan terhitung rahang.

5. Chordoma

Kanker style ini umumnya lebih kerap berjalan pada perempuan daripada laki-laki. Kanker style ini mampu berjalan di umur berapapun. Namun, kerap berjalan di umur 50 th. ke atas.

Hal ini disebabkan gara-gara kanker tulang ini lambat perkembangannya. Walaupun lambat, kanker style ini justru merupakan kanker tulang yang sukar diobati gara-gara letaknya yang berdekatan bersama struktur mutlak tubuh seperti jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

6. Tumor sel raksasa pada tulang

Kanker tulang ini mampu kambuh sewaktu waktu meski sudah melakukan operasi. Kambuhnya sel kanker ini berjalan di anggota yang tulang yang mirip ketika sel kanker tumbuh.

Apabila kanker ini tetap kambuh, sel kanker ini mampu menyebar ke anggota tulang lain.***

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ajaib! Obat Tradisional, Daun Sirih Ramuan Alami untuk Kesehatan Mata

5 Februari 2024 - 09:47 WIB

Ajaib! Obat Tradisional, Daun Sirih Ramuan Alami untuk Kesehatan Mata. (Foto : Dok. Istimewa)

Geger Kasus Amoeba Pemakan Otak Meluas di AS, Pasien Ngeluh Sakit Kepala Parah

24 Mei 2023 - 11:43 WIB

Mengenal Body Dysmorphia Disorder, Kondisi Kesehatan Mental yang Dialami Megan Fox

23 Mei 2023 - 17:17 WIB

Cegah Kegemukan Setelah Lebaran dengan Puasa Syawal

16 April 2023 - 21:37 WIB

Selama Musim Hujan, Demam Berdarah Paling Sering Intai Anak-anak

15 April 2023 - 17:38 WIB

Ahli Gizi Bagikan Pola Makan Sahur yang Benar Agar Tak Lemas Saat Puasa

14 April 2023 - 12:09 WIB

Trending di Health