Menu

Mode Gelap

News · 27 Agu 2022 15:00 WIB ·

Breaking News: KM Teman Niaga Dilaporkan Tenggelam, 15 Awak Kapal Dilaporkan Tenggelam


 Dok. Basarnas Perbesar

Dok. Basarnas

Makassar | TopOne.id – Kapal Motor (KM) Teman Niaga yang membawa 15 awak kapal dilaporkan tenggelam di perairan Selat Makassar, Sulawesi Selatan, karena cuaca buruk, empat orang dinyatakan selamat dan 11 lainnya masih dalam pencarian.

“Informasi diperoleh dari lapangan benar ada kapal tenggelam, semua tetap standby. Saat ini masih ditangani Kantor SAR Banjarmasin,” kata Kepala Bidang Operasi Basarnas Sulsel, Muhammad Rizal dilansir Antara, Sabtu (27/8/2022).

Sejauh ini Basarnas Sulsel telah siap siaga sekiranya dibutuhkan untuk ikut membantu melakukan pencarian bagi para korban kapal yang tenggelam tersebut bila terseret arus.

“Kami hanya bantu menghitung pergerakan korban berdasarkan arus laut,” papar Rizal singkat.

Berdasarkan data awal diterima dari Basarnas, kapal kargo jenis Bulk Carrier atau Curah pengangkut semen milik PT Kembang Jaya Abadi Perkasa yang membawa 15 orang awak. Kapal itu tenggelam di sekitar perairan Makassar.

Rute kapal dari Kotabaru (Tarjun) Provinsi Kalimantan Selatan menuju Biringkassi Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Empat orang dinyatakan selamat, masing-masing laki-laki atas nama. Muhdi Mufazzan (24) juru mudi, Amir Effendi (19) juru mudi, Roihan Hariri (19) kelasi dan perempuan Husniawati (20) juru mudi.

Sedangkan 11 orang korban lainnya semua laki-laki masih dalam pencarian masing-masing, Wagirin (Nahkoda), Victor Agustinus (mualim I) Sunarto (mualim II), Eddy Hayani S (KKM), Poniman (masinis II), Alfian Septiyanto (masinis III).

Selanjutnya, Kenedi (juru minyak), Indarrobit Afnani (juru minyak), Reynaldo Mangerongkonda (juru minyak), Muhammad Fatir Maulana (kelasi) dan Muhammad Adam Septi.

Informasi diperoleh, pada Kamis 25 Agustus 2022, pukul 16.00 WITA, KM Dharma Fery 3 saat pelayaran dari Parepare, Sulsel menuju Batulicin Kalimantan Selatan, pada Koordinat 04° 07‘ 44” S 117° 13’ 117” E terlihat empat orang yang berada di atas skoci dengan kondisi terbalik milik kapal KM Teman Niaga.

Anak Buah Kapal kemudian korban melakukan penyelamatan dengan mengevakuasi empat korban naik ke atas kapal. Selanjutnya korban dibawa ke Pelabuhan Samudra Batulicin dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Marina Permata Batulicin untuk mendapat perawatan medis.

Dari keterangan korban selamat Muhdi Mufazan menyatakan, pada Senin (22/8) malam sekitar pukul 22.00 WITA kapal tersebut tenggelam yang diakibatkan cuaca buruk dengan jarak 96 Nautical Mile (NM) Heading 123 derajat menuju Biringkassi dengan kecepatan kurang lebih 6 knot.

Basarnas Cari 11 Awak KM Teman Niaga yang Tenggelam di Selat Makassar

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin masih melakukan pencarian sebelas awak kapal KM. Teman Niaga bermuatan semen yang tenggelam di Selat Makassar.

“KN SAR Laksmana 241 kami kerahkan melakukan proses pencarian dengan penyisiran sejauh 85 NM di sekitar lokasi penemuan korban selamat,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Al Amrad di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (27/8/2022) seperti dikutip Antara.

Penyisiran oleh Basarnas mengacu kepada SAR MAP Prediction, yaitu aplikasi yang dapat memperkirakan keberadaan atau arah pergerakan si korban dengan memperhitungkan angin serta gelombang.

Diakui Amrad, saat proses pencarian kendalanya gelombang yang lumayan tinggi yaitu sekitar 1,5 sampai 2 meter. Namun, hal itu tidak mengendurkan proses pencarian yang dipimpin Jahrudin selaku nahkoda KN SAR Laksmana 241.

Amrad menjelaskan, pula Kapal KM. Teman Niaga adalah kapal tipe Bulk Carrier/curah yang bermuatan semen dengan berpenumpang 15 orang rute berlayar dari Tarjun, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menuju Waikelo, Nusa Tenggara Timur dan dijadwalkan singgah di Biringkassi, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan untuk bangker.

Basarnas menerima infomasi pada Jumat 26 Agustus 2022 pukul 19.20 WITA dari agen kapal bahwa pada Kamis 25 Agustus 2022 pukul 16.00 WITA ditemukan 4 orang korban KM. Teman Niaga diselamatkan kapal Dharma Fery 3 yang sedang berlayar dari Pare-Pare menuju Batulicin.

Saat ditemukan, empat orang terlihat berada di atas sekoci dengan kondisi terbalik. Kemudian, korban dievakuasi ke atas Kapal Dharma Fery 3 dan dibawa ke Pelabuhan Samudra Batulicin selanjutnya dievakuasi ke Rumah Sakit Marina Permata Batulicin.

Amrad menyebut berdasarkan informasi dari korban selamat atas nama Muhdi Mufazan bahwa pada Senin 22 Agustus 2022 malam sekitar pukul 22.00 WITA KM. Teman Niaga tenggelam yang diakibatkan cuaca buruk dengan jarak 96 NM heading 123 derajat menuju Biringkassi dengan kecepatan kurang lebih 6 knot. (*)

Artikel ini telah dibaca 1,191 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

5 Tradisi Pemakaman Teraneh di Indonesia! Jasad Bayi Dikembalikan Ke Rahim Ibu?

22 Februari 2024 - 16:30 WIB

5 Tradisi Pemakaman Teraneh di Indonesia! Jasad Bayi Dikembalikan Ke Rahim Ibu? (Foto : Dok. Istimewa)

Skandal Narkoba Ammar Zoni Terulang Lagi! Mengungkap Misteri Penangkapan Ketiga yang Mengejutkan Dunia!

16 Desember 2023 - 18:20 WIB

Skandal Narkoba Ammar Zoni Terulang Lagi! Mengungkap Misteri Penangkapan Ketiga yang Mengejutkan Dunia! (Foto : Dok. Istimewa)

Eksplorasi Keindahan Desa Wisata Kembang Kuning, Pesona Alam, Budaya, dan Kuliner Tradisional

16 November 2023 - 15:22 WIB

Eksplorasi Keindahan Desa Wisata Kembang Kuning, Pesona Alam, Budaya, dan Kuliner Tradisional. (Foto : Dok. Istimewa)

Misteri Segitiga Bermuda Indonesia, Kisah Menakutkan Perairan Masalembo di Sumenep

14 November 2023 - 14:30 WIB

Misteri Segitiga Bermuda Indonesia, Kisah Menakutkan Perairan Masalembo di Sumenep. (Foto : Dok. Istimewa)

Balita di Sidoarjo Dipaksa Tidur di Kamar Mandi Selama 2 Bulan Sebelum Tewas Dianiaya

1 Juni 2023 - 15:52 WIB

Lagu In The Stars Dibuat Jedag-jedug di Indonesia, Penyanyi Asli Diduga Emosi hingga Beri Sindiran Pedas

31 Mei 2023 - 15:31 WIB

Trending di News