Menu

Mode Gelap

Berita · 28 Feb 2024 15:55 WIB ·

Dekranasda Kabupaten Solok Curi Perhatian di Inacraft 2024 dengan Produk IKM Unggulan


 Dekranasda Kabupaten Solok Curi Perhatian di Inacraft 2024 dengan Produk IKM Unggulan Perbesar

TopOne.id – Pada Pameran Kerajinan Tangan Inacraft 2024 di JCC Senayan, Dekranasda Kabupaten Solok menampilkan beragam Produk IKM (Industri, Kecil, dan Menengah) yang berasal dari berbagai daerah.

Produk unggulan seperti Tenun Talang Sarumpun, Banun Songket Sungai Lasi, dan Batik Berkah Umat menjadi sorotan pengunjung.

Dekranasda Kabupaten Solok juga membawa produk-produk seperti Tenun Family dari Batu Banyak Lembang Jaya, Salingka Tabek Koto Baru Kubung, Batik Minang Panyakalan, Sulaman dari Lona Collection Muaro Paneh.

Ada juga Eco Print dari Tigo Lurah Rangkiang Luluih, Anyaman Perdana Pandan dari Junjuang Siriah, Tas By Emiko, dan Jeliza Collection Mungkenah dari Sulit Air.

Inacraft 2024, pameran kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara, menjadi wadah bagi sekitar 1.500 usaha kecil menengah (UKM) dari Kabupaten Solok untuk memamerkan kreativitas mereka.

Dengan luas sekitar 20.231 meter persegi di seluruh hall JCC, pameran ini memberikan kesempatan bagi UKM untuk berpartisipasi dan mempromosikan produk-produk unggulan.

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki membuka secara resmi Inacraft 2024 dan menyatakan bahwa Indonesia memiliki pangsa pasar sebesar 1,25% di bidang kerajinan di dunia.

Teten menyoroti kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterampilan pengrajin sebagai faktor utama dalam pertumbuhan sektor ini.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Solok, Yenti Nova, berharap bahwa melalui pameran ini, produk-produk IKN Kabupaten Solok dapat mendapatkan pengakuan dan dikenal baik di tingkat lokal, provinsi, maupun nasional.

Dengan target penjualan hingga 50 juta rupiah selama Pameran Inacraft 2024, Kabupaten Solok berupaya menampilkan potensi dan keindahan produk kerajinan yang dimilikinya.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana turut hadir dalam acara tersebut, memberikan dukungan dan kunjungan ke stan-stan yang memamerkan kekayaan budaya dan kreativitas dari seluruh nusantara.

Kehadiran mereka di Inacraft 2024 menjadi dorongan positif bagi para pelaku UKM untuk terus berkarya dan mengembangkan potensi kerajinan Indonesia.

(HT)

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK Ciptakan Gerakan Literasi Anti-Korupsi Melalui Media Sosial

5 Maret 2024 - 18:06 WIB

Tangkap Pembuat Web dan Sertifikat Palsu, ini Bentuk Apresiasi Rabithah Alawiyah pada Kepolisian

5 Maret 2024 - 17:14 WIB

Sukses! Polres Solok Selatan Berhasil Tangkap 13 Tersangka Narkoba Periode Januari-Februari 2024

4 Maret 2024 - 16:08 WIB

Puluhan Paket Sabu dan Dua Pengedar Diamankan Sat Narkoba Polres Pasaman Barat

28 Februari 2024 - 15:33 WIB

Khalil Caniago Maju ke Parlemen, Figur Muda Penuh Dedikasi untuk Perjuangan Sosial

28 Februari 2024 - 15:01 WIB

Muhammad Fadli, Pioneering Young Leader Dunia Perpustakaan di Sumatera Barat

18 November 2023 - 11:18 WIB

Trending di Berita