Menu

Mode Gelap

Nasional · 1 Jun 2023 15:48 WIB ·

Suhu di Arab Saudi Capai 40 Derajat, Jemaah Calon Haji Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem


 Suhu di Arab Saudi Capai 40 Derajat, Jemaah Calon Haji Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem Perbesar

TopOne.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau para jemaah calon haji Indonesia baik yang akan jalankan ibadah umroh maupun yang telah berada di Tanah Suci, Makkah supaya mewaspadai cuaca panas ekstrem di Arab Saudi.

“Dengan tidak memaksakan beraktivitas berlebih, utamanya bagi jamaah lansia. Pasalnya suasana iklim di Arab Saudi waktu ini dapat mengakibatkan heat exhaustion (kepanasan parah) hingga heat stroke (peningkatan suhu tubuh drastis),” ujar Bamsoet, dilansir Pikiran-rakyat.com berasal dari Tribrata News terhadap Kamis, 1 Juni 2023.

Bamsoet juga berharap kepada pihak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) untuk gencar menyebarluaskan informasi mutlak tentang kebugaran kepada para jemaah.

Hal selanjutnya jadi perhatian mutlak lantaran suasana cuaca panas dan kelembapan yang rendah di Arab Saudi dapat mengakibatkan kasus kebugaran bagi para jemaah calon haji Indonesia didalam melangsungkan kegiatan ibadah mereka sepanjang di tanah suci.

Selain itu, Bamsoet berharap kepada para petugas haji dan kebugaran untuk lebih aktif memantau kebugaran jemaah, lebih-lebih bagi jemaah yang rentan dan berisiko tinggi mengalami kasus kesehatan.

“Di samping itu konsisten bersiaga jalankan usaha pencegahan dan penanganan yang tepat kepada jamaah di tengah suasana iklim panas yang dapat menggapai 40 derajat celcius, apalagi lebih,” tuturnya.

Pada Kamis, 1 Juni 2023 suhu panas di Makkah, Arab Saudi menggapai 42 derajat selsius. Kendati demikian, berasal dari pukul 14.00-16.00 waktu setempat, suasana cuaca selanjutnya akan diiringi oleh hujan.Suhu waktu pagi hari di Arab Saudi konsisten meningkat menjadi berasal dari pukul 8.00 waktu setempat dan akan meningkat waktu jam makan siang.

Akan tetapi, suhu panas akan mengalami penurunan waktu waktu perlihatkan pukul 17.00 hingga tengah malam nanti, yang menggapai 33 derajat celcius.

Sementara hari selanjutnya terhadap Jumat, 2 Juni 2023 suhu panas di lokasi Makkah akan menggapai 43 derajat celcius bersama dengan kenaikan suhu meningkat terhadap pukul 13.00-17.00 waktu setempat. Namun, suhu selanjutnya akan konsisten mengalami penurunan bersamaan bersama dengan berjalannya waktu menuju malam.***

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tomoro Coffee, Mengapa Mereka Berani Buka 2 Gerai Setiap Hari?

14 Maret 2024 - 11:59 WIB

Tomoro Coffee, Mengapa Mereka Berani Buka 2 Gerai Setiap Hari? (Foto : Dok. Istimewa)

Pentas Demokrasi Dimulai, Ini Dia Contoh Kata Sambutan Ketua PPS yang Menggugah pada Pelantikan KPPS

27 Januari 2024 - 15:55 WIB

Pentas Demokrasi Dimulai, Ini Dia Contoh Kata Sambutan Ketua PPS yang Menggugah pada Pelantikan KPPS. (Foto : Dok. Istimewa)

Mengungkap Tugas, Wewenang, dan Kewajiban KPPS Sebagai Ujung Tombak Demokrasi!

27 Januari 2024 - 14:15 WIB

Mengungkap Tugas, Wewenang, dan Kewajiban KPPS Sebagai Ujung Tombak Demokrasi! (Foto : Dok. Istimewa)

Presiden Boleh Kampanye? Klarifikasi Istana yang Membongkar Mitos, Temukan Fakta Sebenarnya di Sini!

27 Januari 2024 - 11:24 WIB

Presiden Boleh Kampanye? Klarifikasi Istana yang Membongkar Mitos, Temukan Fakta Sebenarnya di Sini! (Foto : Dok. Istimewa)

25 Januari, Momentum Emas Menuju Bangsa Sehat, Deteksi Stunting dengan MP-ASI Berkualitas!

25 Januari 2024 - 16:10 WIB

25 Januari, Momentum Emas Menuju Bangsa Sehat, Deteksi Stunting dengan MP-ASI Berkualitas! (Foto : Dok. Istimewa)

Gelar Gladi Bersih Upacara Hari lahir Pancasila, Kepala BPIP Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Ikut Upacara Bendera

31 Mei 2023 - 15:21 WIB

Trending di Nasional