Hampers Ramadhan Tokopedia Diburu Pelanggan! UMKM, Pelajari 5 Tips Jualan Bingkisan yang Efektif

TopOne.id – Menjelang hari raya th. ini, penjualan hampers condong melesat signifikan. Di Tokopedia terhadap terhadap minggu pertama Ramadan 2022 (periode data: 2-9 April 2022), penjualan hampers naik hampir 2,5 kali lipat dibandingkan seminggu sebelumnya. Hal ini diungkapkan oleh Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana.

Maisyalina menjelaskan meningkatnya penjualan hampers disebabkan oleh perubahan tingkah laku konsumen yang banyak berkirim hantaran atau hampers di momen-momen khusus seperti menjelang hari raya.

“Ini memang bisa menjadi momen yang pas bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan product hampers, namun Tokopedia konsisten mengimbau penjaja untuk menyebabkan product hampers yang lebih ramah lingkungan,” ujar Maisyalina.

Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pernah mencatat adanya peningkatan volume sampah sebesar 4% sepanjang bulan Ramadan yang disebabkan oleh perubahan pola konsumsi sepanjang bulan puasa. DLH Kabupaten Tegal pun mencatat volume sampah di Pantura pasca Lebaran 2022 lalu naik 20% dibanding hari biasa, dari 500 ton menjadi 600 ton per hari.

Dalam menghadapi potensi meningkatnya tumpukan sampah, terhitung dari product hampers terhadap periode pra sampai pasca Ramadan, kami miliki tanggung jawab yang serupa untuk meminimalkannya.

Sebagai bagian dari pemberian mereka terhadap “Misi Nol Sampah GoTo 2030”, Tokopedia sudah meluncurkan gerakan Tokopedia Hijau. Gerakan ini punya tujuan untuk mempromosikan keberlanjutan dan mengurangi efek lingkungan, bersama fokus terhadap pengurangan sampah dan pengembangan jenis hidup yang lebih ramah lingkungan.

Tokopedia mendukung “Misi Nol Sampah GoTo 2030” bersama cara pilih opsi pengiriman dan pengemasan yang ramah lingkungan waktu belanja produk.

Melalui gerakan ini, Tokopedia mengajak masyarakat, terhitung sekitar 12 juta penjaja di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM–berperan aktif menerapkan prinsip ramah lingkungan demi memberikan efek positif bagi lingkungan dan semua mitra strategis secara jangka panjang.

Lima Tips Usaha Hampers Ramadhan Ramah Lingkungan

AngelFin Natural dan Mendekor menjadi keliru satu misal UMKM yang berhimpun di Tokopedia Hijau dan berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan bersama memproses hampers ramah lingkungan. Kedua penjaja ini mencatat kenaikan transaksi di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat terhadap minggu pertama Ramadan 2022 dibanding minggu sebelumnya.

Berikut ini lima tips jualan online hampers Ramadhan yang lebih ramah lingkungan dari Tokopedia, AngelFin Natural dan Mendekor:

1. Gunakan kemasan ramah lingkungan sesuai prinsip 4R

Maisyalina menjelaskan kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang menerapkan prinsip 4R: reduce (mengurangi sampah), reuse (bisa digunakan berulang kali), repurpose (bisa dipakai lagi untuk tujuan lain) dan recycle (bisa didaur ulang). Misalnya, toples kaca bisa digunakan untuk kue kering.

Sementara, paper bubble wrap dan kertas cacah bisa dipakai untuk mengemas barang pecah belah.

Maisyalina berkata kesadaran penduduk gunakan kemasan ramah lingkungan makin tinggi.

“Terbukti dari penjualan beraneka kemasan ramah lingkungan terhadap minggu pertama Ramadan 2022 yang meningkat dibanding minggu sebelumnya. Penjualan paper bubble wrap dan besek bambu naik masing-masing hampir 1,5 kali lipat, tetapi kantong singkong lebih dari 2 kali lipat,” ujarnya

Pemilik Usaha Mendekor, Brian Karno, menerangkan Mendekor memberikan opsi kemasan ramah lingkungan seperti paper bubble wrap kepada para konsumen dan tetap direspon bersama terlalu positif.

“Jumlah transaksi product bersama kemasan ramah lingkungan dari Mendekor di Tokopedia naik 2 kali lipat sepanjang 2022 dibandingkan dua th. sebelumnya,” ujar Brian.

Mendekor, yang menjual beraneka product dekorasi interior, menggandeng lebih dari 30 perajin di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan dan dari beraneka latar belakang. Brian dambakan para perajin selanjutnya makin berdaya untuk menyebabkan product berkualitas tinggi bahkan setara bersama merek kelas dunia.

2. Ajak konsumen mendaur lagi hampers ramah lingkungan

Untuk mengajak konsumen mengurangi sampah, Anda bisa selipkan kartu ucapan atau catatan kecil yang berisi imbauan untuk mendaur lagi atau gunakan lagi kemasan dari hampers yang diterima.

“Sebutkan terhitung efek andaikan konsumen bersedia mendaur atau kenakan lagi kemasan hampers selanjutnya untuk meningkatkan kesadaran lebih banyak penduduk agar peduli lingkungan,” paham Maisyalina.

Menurut pemilik AngelFin Natural, Angelique Dewi, pihaknya secara berkala mengedukasi penduduk tentang pentingnya merawat lingkungan lewat Tokopedia dan sarana sosial.

“Kami terhitung aktif menginformasikan bahwa tiap tiap belanja product AngelFin Natural, penduduk bisa turut berkontribusi terhadap lingkungan dan penduduk di beraneka daerah,” kata dia.

Angelique lewat AngelFin Natural menggandeng sekitar 300 komunitas petani dan perajin di desa Muntigunung, Bali Timur, penduduk pesisir di Kepulauan Seribu, serta perajin product kayu berkelanjutan di Yogyakarta untuk memproses beraneka style product ramah lingkungan bersama mengurangi jejak karbon.

3. Permudah konsumen cari hampers ramah lingkungan bersama fitur beriklan

Maisyalina menyaranakan penjaja hampers Ramadhan bisa memasukkan product paling populer di toko mereka ke didalam hampers ramah lingkungan yang akan dijual.

“Manfaatkan terhitung fitur Pelengkap Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk memberikan kartu ucapan dan kemasan khusus,” katanya.

“Agar hampers ramah lingkungan yang dijual bisa tampil teratas di halaman Tokopedia, gunakan fitur beriklan otomatis TopAds. Cukup bersama modal kecil mulai dari Rp250 per klik, penjaja bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan memaksimalkan penjualan,” ujar Maisyalina. Penjualan AngelFin Natural dan Mendekor meningkat 2 kali lipat sesudah gunakan TopAds.

4. Pelajari tips jualan online hampers Ramadhan lewat modul gratis

Ada banyak variasi materi edukasi jualan online di Pusat Edukasi Seller Tokopedia, terhitung kurikulum #SIAPRAMADAN2023 yang bisa mendukung pelaku bisnis memaksimalkan penjualan di bulan puasa sekaligus mempermudah penduduk #LengkapiRamadan lewat Tokopedia. Penjual bisa ikuti beraneka tantangan menarik dan memenangkan jutaan saldo iklan TopAds.

“Khusus untuk yang dambakan memulai dan membangun bisnis ramah lingkungan, bisa membuka modul komprehensif Tokopedia Hijau. Semua materi bisa diakses secara gratis. Ada beraneka topik relevan didalam bentuk webinar atau modul. Mulai dari sesuaikan promo toko sampai siasat berjualan hampers, terhitung hampers ramah lingkungan,” kata Maisyalina.

5. Tingkatkan penjualan hampers ramah lingkungan lewat Tokopedia Hijau

“Penjual bersama product ramah lingkungan, kemasan minim sampah dan bisnis yang berdampak sosial bisa berhimpun di halaman tertentu Tokopedia Hijau untuk menjangkau lebih banyak masyarakat,” jadi Maisyalina. Medan, DKI Jakarta dan Bandung tercatat sebagai lebih dari satu lokasi bersama peningkatan tertinggi kuantitas penjaja di Tokopedia Hijau terhadap awal 2023.

“Ini berjalan berkat inisiatif Hyperlocal dan beraneka manifestasinya, seperti Dilayani Tokopedia, fasilitas pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjaja menitipkan product di gudang-gudang pintar Tokopedia di beraneka lokasi bersama keinginan tinggi. UMA Women adalah misal penjaja di Tokopedia Hijau yang gunakan Dilayani Tokopedia,” kata Maisyalina.

Pada tanggal 4 sampai 18 April 2023, Tokopedia Hijau akan menampilkan beraneka style product ramah lingkungan, terhitung hampers Ramadhan. Hal ini dilakukan untuk memberikan penduduk peluang didalam pilih product dari para pelaku bisnis yang peduli terhadap lingkungan, terlebih UMKM lokal, bersama pilihan product yang sudah terkurasi. Dengan belanja product dari kategori ini, kami bisa memperkuat pemberian terhadap gerakan lingkungan dan mempromosikan pengembangan bisnis yang lebih berkelanjutan. Melalui Tokopedia Hijau, kami bisa pilih product yang tidak hanya berkualitas, namun terhitung ramah lingkungan.***